Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-Ciri dan Struktur Teks Deskripsi

Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-Ciri dan Struktur Teks Deskripsi

Sumber foto: Flickr
Kalau kita mendengar kata air terjun, pasti kita membayangkan air yang bersih, jernih, sejuk, dan pemandangan yang asri. Ditambah lagi suara air bergemericik membuat kita terasa nyaman dan tenang. Kalau itu semua berada di benak sahabat, berarti sahabat sudah mendiskripsikan tentang air terjun. Berhubungan dengan deskripsi, kali ini saya menagajak sahabat belajar tentang teks deskripsi.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks diskripsi berisi penggambaran sebuah objek dengan tujuan agar pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yaang digambarkan. Teks deskripsi menggambarkan sesuatu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Aspek yang digambarkan, mislanya tentang keindahan alam, keadaan jasmani, watak, atau perasaaan seseorang.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi Sebagia Berikut;

  1. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  2. Melibatkan kesan indera sehingga gambaran objek menjadi jelas.
  3. Membuat pembaca atau pendengar merasakan  sendiri atau mengalami sendiri terhadap objek yang diamati penulis.
  4. Menjelaskan secara terperinci ciri-ciri objek, seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek.

Struktur Teks Deskripsi  

Struktur teks deskripsi terdiri atas identifikasi dan deskripsi. Identifikasi berupa gambaran umum tentang suatu objek. Bagian deskripsi berisi ciri-ciri khusus benda, tempat, atau orang yang dideskripsikan.

Bagaimana sahabat, belajar kali ini tentang teks deskripsi? Saya berharap materi tentang  teks deskripsi ini bisa bermanfaat .

Subscribe to receive free email updates: