Teks Prosedur: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Struktur Teks Prosedur

Teks Prosedur: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Struktur Teks Prosedur

Sumber foto: Flickr
Apakah kalian tahu rendang? Rendang adalah salah satu makanan Indonesia yang masuk dalam kategori makanan terlezat di dunia. Pasti sudah terbayangkan bagaimana enaknya atau ada yang mau memasaknya langsung? Memasak harus dilakukan langkah demi langkah secara berurutan, jika tidak, maka rasa masakannya akan terasa aneh. Jadi teringat dengan teks prosedur, yang harus dilakukan secara sistematis dan teratur. Ada yang tidak tahu apa itu teks prosedur? Ayo kita sama-sama belajar.

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah jenis teks yang menunjukkan dan menjelaskan  sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu. Proses membuat atau mengoperasikan sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah sistematis dan teratur. Langkah-lankgah dalam teks prosedur harus dilakukan agar suatu tindakan dapat terlaksana dengan baik. Pada teks prosedur, langkah-langkah itu,merupakn urutan yang biasanya tidak dapat dirubahurutannya. Langkah awal jadi penentu langkah-langkah berikutnya.

Ciri-ciri kalimat dalam teks prosedur sebagai berikut.


  1. Menggunakan pola kalimat perintah yang berupa:
  • Kata kerja tanpa imbuhan   me-;
  • Partikel -lah; dan;
  • Kata larangan jangan.
     2. Teks prosedur kadang-kadang menggunakan bentuk saran, seperti sebaiknya dan hendaknya.
     3. Kalimat yang digunakan jelas, logis, dan singkat.

Struktur Teks Prosedur

Struktur teks prosedur terdiri atas tujuan dan langkah-langkah. Tujuan dalam teks prosedur adalah hasil akhir yang akan dicapai. Langkah-langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan tercapai.

Begitulah kiranya apa itu teks prosedur, ciri-ciri  dan struktur dari teks prosedur. Saya berharap sahabat sudah mengerti tentang teks prosedur dengan membaca sedikit ulasan di artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: