Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Struktur Teks Eksposisi

Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Struktur Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Menurut Gorys Keraf dalam Eksposisi dan Deskripsi, eksposisi atau pemaparan adalah salah satu bentuk tulisan atau ketrampilan berbahasa secara efektif yang berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran. Pokok pikiran tersebut dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut.
   Secara umum, teks eksposisi merupakan bacaan yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi. Penulis berusaha memberitahukan, memaparkan, menguraikan, atau menerangkan sesuatu kepada pembaca. Tujuan yang ingin dicapai penulis adalah agar pembaca mendapat informasi dan pengetahuan dengan sejelas-jelasnya.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi sebagai berikut.


  1. Penulis berusaha menjelaskan sesuatu secara objektif, tidak ada unsur-unsur bersifat subjektif.
  2. Gaya penulisan bersifat informatif. Tujuan dari pemaparan paragraf eksposisi adalah menambah  pengetahuan pembaca. Selain itu, eksposisi memberi informasi sejelas-jelasnya tentang masalah yang dipaparkan.
  3. Teks memuat fakta, gambaran peta, dan angka-angka yang terdapat di lapangan. Fakta dipakai sebagai bentuk penyumbang utamadan bersifat konkret.

Struktur teks eksposisi

Struktur teks eksposisi terdiri atas tiga bagian.  Pertama, bagian tesis merupakan pendapat atau opini. Kedua, bagian argumentasi atau alasan yang merupakan isi. Ketiga, bagian penegasan ulang dari pendapat sebelumnya yang merupakan bagian penutup.

Subscribe to receive free email updates: