Menulis Sapaan, Gelar, dan Singkatan yang Benar

Setiap hari kita bertemu orang, baik di rumah, di sekolah, di tempat kerja, ataupun di tempat umum sekalipun. Selain bertemu, kita juga saling tegur sapa satu sama lainnya. Biasanya kita menggunakan bahasa yang non formal.

Gelar seseorang, singkatan nama dan ada juga yang menggunakan bahasa kekinian. Namun masih banyak orang yang kurang tahu tentang bagaimana cara menulis sapaan, gelar, dan singkatan yang benar. Simak uraian di bawah ini.

Apa yang di maksud dengan kata Sapaan, Gelar, dan Singkatan ?

kata Sapaan, Gelar, dan Singkatan
Kata sapaan digunakan untuk menyapa seseorang. Kata sapaan dibedakan menjadi kata sapaan penunjuk hubungan kekerabatan dan kata sapaan hormat. Kata sapaan penunjuk hubungan kekerabatan seperti bapak, ibu, saudara, kakak, adik, dan paman yang digunakan dalam penyapaan diawali dengan huruf kapital.

Contoh:

Adik bertanya, "Itu apa, Bu?"

Besok Pamanku datang dari Medan.

Sementara itu kata sapaan hormat, biasanya ditulis pada surat resmi. Sapaan hormat yang dimaksud adalah yang terhormat. Dalam penulisan, sapaan hormat tersebut disingkat menjadi yth.

Dalam bahasa tulis, huruf awal singkatan sapaan hormat ditulis dengan huruf besar atau kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Yth. digunakan untuk menyapa orang-orang yang patut dihormati. Biasanya digunakan untuk menyapa orang yang lebih tua atau orang yang punya jabatan penting.

Gelar dan Singkatan

Gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang ditulis dengan huruf kapital.
Contoh:
Gelar kehormatan : Mahaputra Yamin
Gelar keturunan : Raden Mas Said
Gelar keagamaan : Haji Sulaiman, Pendeta Jefri

Singkatan dalam bahasa Indonesia ada bermacam-macam. Di antaranya singkatan nama orang, nama gelar bangsawan (kehormatan), gelar kesarjanaan, atau pangkat. Ketiga singkatan tersebut ditandai dengan tanda titik.

Contoh :
Singkatan nama orang : Anang F., Gendis C.W.
Singkatan nam agelar bangsa (kehormatan) : R.M. Ontowiryo, R.A. Kartini.
Singkatan gelar kesarjanaan : Idayu, S.H. (Idayu Sarjana Hukum), Pratiwi, S.E. (Pratiei Sarjana Ekonomi).
Singkatan nama pangkat : Kol. Bagus Haryana, Brigjen Irwan Saputra.

Penulisan Nama Kota

Huruf awal nama kota atau nama geografi ditulis dengan huruf kapital misalnya Yogyakarta, Semarang, Samarinda, dan Jakarta.

Penulisan Kata Depan

Kata depan di, ke, dan dari ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya, kecuali di dalam gabungan kata yang sudah lazim dianggap satu kata seperti kepada dan daripada.

Contoh:

Bermalam sajalah di rumah ku.

Di mana Arni kemarin?

Kawan-kawan bekerja di dalam gedung.

Beliau ikut terjun ke tengah medan pertemouran.

Mari kita berangkat ke bandara.

Ayahku baru datang dari kerja.

Cincin ini terbuat dari Emas.

Penutup

Setelah membaca sedikit penjabaran di atas, semoga kita sudah tahu bagaimana cara menulis sapaan, gelar, dan singkatan yang benar.

Subscribe to receive free email updates: