Karya Sastra Lama: Pengertian, dan Jenis Karya Sastra Lama Beserta Contohnya

Karya Sastra Lama: Pengertian, dan Jenis Karya Sastra Lama Beserta Contohnya

Hampir seluruh masyarakat Jawa pernah mendengar cerita rakyat tentang sosok sang penguasa pantai selatan. Pantai selatan konon dikuasai oleh Ratu Nyi Roro Kidul. Namun, sampai sekarang belum dipastikan akan kebenarannya. Walaupun begitu mitos tersebut telah turun temurun diceritakan dari dahulu sampai sekarang. Bukan berarti kita tidak percaya dengan cerita rakyat dan adanya makhluk halus di sekitar kita.
Bahkan pada zama dahulu, para sastrawan sudah menulis tentang cerita yang menceritakan dewi-dewi, roh, dan makhluk halus yang berhubungan dengan animisme. Cerita tersebut tergolong dalam kategori jenis karya sastra lama, yaitu mite. Dan kali ini, saya akan mengajak sobat untuk mengenal apa itu karya sastra lama, dan jenis-jenisnya.
Sumber foto: pinterest.com

 

Pengertian Karya Sastra Lama

Karya sastra lama adalah karya-karya yang dihasilkan oleh sastrawan pada zaman dahulu. Karya sastra lama berupa prosa lama dan puisi lama . Karya satra lama memiliki keindahan bahasa (estetik).
Karya sastra lama memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Istana sentris (cerita mengenai keluarga istana).
  2. Statis (perubahannya sangat lamban).
  3. Bentuk karangan terikat pada bentuk yang sudah ada, seperti pantun dan syair).
  4. Anonim (nama pengaran tidak disebutkan).
  5. Ciptaannya bersifat menghibur dan mendidik.
Walaupun karya lama, isi karya sastra masih relevan dengan kehidupan saat ini. Nilai-nilai dalam karya sastra masih dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Karya Sastra Lama

         Karya sastra lama terdiri atas prosa dan puisi lama. Prosa lama ata cerita rakyat terdiri atas cerita-cerita berikut.

  1. Hikayat merupakan karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah. Cerita hikayat bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, dan pembangkit semangat juang atau sekadar untuk meramaikan pesta. Contoh: Hikayat Hang Tuah, Hikayat Patani, dan Hikayat Si Miskin.
  2. Legenda merupakan dongeng tentang kTerjadinyejadian atau asal ususl suatu tempat. Contoh: Terjadinya Candi Prambanan, Terjadinya  Gunung Tangkuban Perahu, dan Asal-usul Banyuwangi.
  3. Mite merupakan cerita tentang dewa-dewi, roh, atau makhluk halus yang berhubungan dengan animisme, Contoh: Nyai Roro Kidul, Harimau Jadi-Jadian, dan Dewi Sri.
  4. Saga merupakan cerita yang mengandung sejarah. Contoh: Joko Bereg, Cerita si Badang, dan Ciung Wanara.
  5. Fabel adalah cerita binatan yang tokohnya dapat berlakuseperti manusia dan bersifat mendidik. Fabel digunakan untuk menyindir maasyarakat manusia agar orang bisa memetik pelajaran yang tersembunyi di dalam fabel. Contohnya: Dongeng Anoa dan Tikus, Kancil dan Buaya, Siput dengan Burung Centawi, dan Harimau dengan Kancil.
         Selanjutnya, puisi lama terdiri atas pantun dan gurindam.
  1. Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama asli Indonesia. Pantun bersifat anonim. Maksudnya, penulis pantun tidak diketahui. Pantun terdiri atas empat larik yang merupakan sampiran dan isi.
  2. Gurindam merupakan salah satu jenis puisi lama Indonesia dari Tamili (India). Kata gurindam berasal dari bahasa Tamil "kirandam". Gurindam umunya berisi nasihat, ajaran, atau semacam kata-kata mutiara. Pesan gurindam biasanya berhubungan dengan nilai-nilai saat ini. Gurindam terdiri atas dua larik dan bersajak a-a. Larik pertama dan kedua saling berhubungan. Larik pertama gurindam berupa sebab atau perjanjian. Sebaliknya, larik kedua berupa jawaban atau akibat dari perjanjian larik pertama.
Nilai-nilai dalam legenda, mite, saga, hikayat, dan fabel dapat ditentukan melalui unsur ekstrinsiknya. Unsur ekstrinsik legenda, mite, saga, hikayat, dan fabel sama dengan unsur ekstrinsik novel dan cerpen. Sementara itu, nilai-nilai dalam pantun dan gurindam dapat diketahui dari isinya.

Sedikit penjelasan tentang  apa itu karya sastra lama, jenis-jenis karya sastra lama beserta contohnya. Semoga artikel ini bisa membantu sobat belajar tentang karya sastra lama.

Subscribe to receive free email updates: