Mengapresiasi Lukisan Impresionisme Karya Leonid Afremov



MENGAPRESIASI LUKISAN IMPRESIONISME KARYA LEONID AFREMOV


Sumber foto: pictures-and-images.net


          Pada tugas ini saya akan mengapresiasi sebuah lukisan yang beraliran impresionisme. Impresionisme merupakan gaya melukis dengan lebih menekankan pada efek cahaya yang mengenai objek lukisan.
          Pada kesempatan ini saya mengapresiasi lukisan impresionisme karya dari Leonid Afremov yang berjudul “Alley by the Lake”. Lukisan ini terbuat dari cat minyak dan medianya adalah canvas yang berukuran 30”x24”, dan palet. Lukisan ini merupakan sebuah lukisan yang berdasarkan kenyataan alam yang berasal dari temuan objek alam sekitarnya dengan pertimbangan berdasarkan kondisi  alam yang diinginkan.
          Lukisan ini menggambarkan seorang pria dan perempuan sedang berjalan beriringan dan tampak seorang pria membawa sebuah payung di sebuah gang di tepi danau. Kondisi jalan setelah diguyur hujan dan air danau yang tenang menambah suasa damai. Lukisan ini menarik dari warna yang dominan di bagian sebelah kiri, karena pada bagian sisi kiri ada banyak pohon yang berjejeran dan ada banyak lampu  yang menerangi malam itu, diimbangi dengan keharmonisan satu batang pohon yang berdiri dingin di sebelah kanan.
          Sapuan kuas pada lukisan terasa sekali, dan warna cerah yang dihasilkan terang tanpa bercampur. Sapuannya memiliki karakter yang khas dalam pengaplikasian penggambaran daun. Namun objek yang dihasilkan sedikit kabur, akan tetapi objek yang dihasilkan sangat alami. Serta lukisan ini berusaha menciptakan kesan sesaat dengan kontras warna untuk mengarahkan mata penikmat seni.
          Menurut saya, lukisan ini tentang keharmonisan antara dua alam, yaitu alam dunia yang hingar bingar dengan penuh kegemerlapan dengan diimbangi alam akhirat yang tenang damai. Hal ini ditunjukkan dengan pembagian bidang antara sisi kiri yang terang dengan penuh gemerlap yang menunjukkan alam dunia, dan dengan diimbangi keharmonisan satu batang pohon yang berdiri dingin, dan danau yang tenang di sisi kanan yang menunjukkan alam akhirat yang tenang dan damai.

Saran untuk semuanya jangan sampai kita mementingkan satu alam saja, misalnya mementingkan alam dunia sampai-sampai kita melupakan alam akhirat yang bakal kita lewati. Kita harus menyeimbangkan antara kepentingan dunia dan akhirat.

Begitulah kiranya saya mengapresiasi lukisan impresionisme karya dari Leonid Afremov, sobat bisa mengeksplor lebih banyak lagi.

Subscribe to receive free email updates: