Contoh Pidato Hari Kartini Tema Pendorong Bagi Generasi Muda Indonesia

Contoh Pidato Hari Kartini Tema Pendorong Bagi Generasi Muda Indonesia

Sumber foto: kompasiana.com

 





Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Yang Terhormat, Bapak Kepala Sekolah Menengah Atas 1 pecangaan,
Ketua panitia Hari Kartini,
Guru-guru di Sekolah Menengah Atas 1 pecangaan.
dan rekan-rekanku sekalian yang saya cintai.


Pada pagi hari ini, kita bisa berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Hari Kartini yang ke -136 tanpa kekurangan suatu apapun, pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, tidak lupa kita haturkan sholawat serta salam terhadap junjungan nabi besar Muhammad Saw. yang syafaatnya kita nanti-nantikan syafaatnya kelak di yaumul qiyamah.
 

Pada hari ini, kita, bangsa Indonesia memperingati tonggak kesetaraan gender. Dimana kita dapat merefleksikan kembali apa yang telah dilakukan Kartini pada jamannya untuk memperjuangkan apa yang kita kenal masa kini dengan sebutan emansipasi wanita.

Banyak hal yang dapat kita teladani dari sosok Kartini. Dia beruntung pada jamannya, memiliki pemikiran yang modern. Tak seperti wanita jawa yang berbuat 'Seharusnya' pada jaman itu, dirinya memiliki cita-cita mulia yang mungkin tak terpikir dilakukan dirinya sendiri, yaitu mewujudkan emansipasi wanita. Emansipasi yang berarti kesetaraan, begitu melekat pada namanya di masa kini.

Generasi muda saat ini harus bersyukur atas perjuangan R.A Kartini, karena mereka dapat menempuh pendidikan tanpa hambatan dan diskriminasi. Sebagai ungkapan syukur dan untuk menghormati jasa R.A Kartini apa yang akan dilakukan generasi muda? Apakah cukup dengan merayakan Hari Kartini dengan memakai kebaya model Kartini, atau mengadakan lomba membaca surat-surat Kartini, mengadakan lomba memasak dan lomba-lomba lainnya yang sifatnya untuk hiburan?

Harapan R.A Kartini terhadap generasi muda adalah selalu menumbuhkan tekad yang kuat untuk mencapai kemajuan dan kejayaan bangsa sebesar apapun rintangannya.

Harapan R.A Kartini kepada generasi muda Indonesia hendaknya tidak sia-sia, karena ditangan generasi muda yang berkualitas bangsa ini dapat tegak berdiri dan meraih kejayaan.

Apabila ada salah kata dalam hal pengucapan dan penyampaian pidato kali ini, saya minta maaf dan terima kasih atas waktunya.

Subscribe to receive free email updates: