Kumpulan Soal Kewarganegaraan

Kumpulan Soal Kewarganegaraan



1.      Difinisikan pengertian hak dan kewajiban
Jawab :
Hak adalah kepentingan yang dilindungi oleh hukum yang memberikan keleluasan kepada orang untuk melaksanakannya.
Kewajiban adalah pembatasan atau beban yang timbul karena hubungan dengan sesame orang atau dengan Negara.
2.      Difinisikan pengertian warga negara, dan uu nomor berapa yang mengatur tentang warga Negara
Jawab :
Warga Negara diartikan dengan orang-orang yang menjadi bagian dari suatu penduduk.
UUD Negara RI tahun 1945 pasal 26 yang berbunyi warga Negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan UU sebagai warga Negara.
3.      Sebutkan pasal berapa dalam UUD 1945 yang mengatur kedudukan warga negara dibidang hukum
Jawab:
Pasal 27 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang menyatakan “Segala warga Negara bersamaan kedudukannya di dalam hokum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hokum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya
4.      Difinisikan pengertian procedural right
Jawab:
Procedural right adalah hak asasi untuk memperoleh perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan.
5.      Sebutkan 4 contoh pelanggaran hak warga Negara
Jawab :
·         Proses penegakkan hukum masih belum optimal dilakukan, misalnya masih terjadinya kasus salah tangkap, perbedaan perlakuan oknum aparat penegak hukum terhadap para pelanggar hukum dengan dasar kekayaan atau jabatan masih terjadi, dan sebagainya. Hal itu merupakan bukti bahwa amanat pasal 27 ayat (1) Negara Repunlik Indonesia tahun 1945 yang menyatakan “Segala warga Negara bersamaan kedudukannya di dalam hokum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hokum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”, belum sepenuhnya dilaksanakan.
·         Saat ini tingkat kemiskinan dan angka pengangguran di Negara kita masih cukup tinggi, padahal pasal 27 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 mengamanatkan bahwa tiap-ttiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
·         Semakin merebaknya kasus pelanggaran hak asasi manusia seperti pembunuhan, pemerkosaan, kekerasan dalam rumah tangga, dan sebagainya, padahal pasal 28A-28J UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 menjamin keberadaan Hak Asasi Manusia.
·         Masih terjadinya tindak kekerasan mengatasnamakan agama, misalnya penyerangan tempat peribadatan, padahal pasal 29 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 menegaskan bahwa negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.


Subscribe to receive free email updates: